Membuat Widget Sticky dengan Plugin Q2W3 Fixed Widget

Diposting pada

ThemeWp.CO.ID – Membuat widget sticky atau pop up yaitu di mana widget akan ikut sesuai gulir tampilan blog caranya cukup mudah. Bisa dengan memanfaatkan plugin Q2W3 Fixed Widget.

Membuat tampilan blog menjadi rapi atau membuat space widget menjadi penuh dengan mengandalkan cara manual mungkin melelahkan.

Biasanya pengelola blog, mengisi space widget secara penuh untuk membuat blog tampak lebih rapi. Namun terkadang cara manual tidak terlalu efektif.

Kadang Homepage blog sudah rapi, namun single post yang biasanya memiliki artikel pendek atau panjang membuat beberapa bagian menjadi kosong kembali.

Plugin Q2W3 Fixed Widget untuk
Membuat widget sticky

Membuat Widget Sticky dengan Plugin Q2W3 Fixed Widget

Plugin Q2W3 Fixed Widget adalah plugin khusus untuk wordpress yang bisa di download secara gratis melalui laman wordpress.org untuk membuat widget sticky.

Plugin ini dibuat oleh Max Bone dan telah di install lebih dari 100 ribu blog. Dilihat dari kepuasan pengguna, ratingnya cukup baik yang lebih dari bintang 4, menandakan plugin ini sangat bermanfaat khususnya bagi pengguna blog WP.

Dengan plugin ini, kita bisa membuat blog kita tampak rapi dengan terisinya secara penuh space kosong pada widget utamanya pada sisi bagian artikel baik panjang atau pendek.

Juga sangat baik untuk pemasangan iklan pada sisi widget yang dimana peluang mendapatkan klik lebih banyak karena iklan terus tampil di sisi artikel.

Untuk mengakali space kosong pada bagian widget blog bisa diatasi dengan menggunakan plugin Q2W3 Fixed Widget yaitu sebuah widget sticky dimana widget akan ikut sesuai gulir pada halaman blog.

Sebagai contoh, kamu bisa melihat tampilan pada blog ini dimana pada bagian widget, Topik Forum mengikuti gulir halaman blog.

Untuk melakukan setting tampilan pada plugin Q2W3 Fixed Widget ini tidak terlalu rumit. Membuat widget sticky caranya yaitu :

Masuk ke dashboard wp >> Plugin >> Add New >> terus cari atau ketik pada kolom pencarian Q2W3 Fixed Widget. Setelah ketemu, tekan install kemudian aktifkan.

Setelah terpasang, kembali ke dashboar wp >> Widget >> Lalu pilih salah satu widget baru atau yang telah terpasang, maka pada bagian bawah widget akan terdapat pilihan centang “fixed widget”.

Membuat Widget Sticky dengan Plugin Q2W3 Fixed Widget

Jika kamu centang, maka widget tersebut akan ikut sesuai gulir layar dan sebaliknya, jika tidak di centang maka widget seperti widget default dari wordpress.

Setting Plugin Q2W3 Fixed Widget

Sedangkan untuk setting khusus Q2W3 Fixed Widget untuk
membuat widget sticky terdapat pada bagian Tampilan >> Fixed Widget Option.

Dibagian ini kita bisa mengatur kapan widget berhenti bergulir mengikuti layar sebagaimana pada gambar berikut.

Membuat Widget Sticky dengan Plugin Q2W3 Fixed Widget

Dari gambar berikut dapat dilakukan pengaturan untuk menghentikan dibagian mana widget akan berhenti bergulir.

Margin Top adalah batas atas atau jarak berapa px akan berhenti, demikian pula margin bottom yang merupakan batas bawah jarak berapa px akan berhenti.

Dari pengalaman kami ternyata untuk margin top bisa berfungsi dengan baik, namun jadi kendala adalah margin bottom yang bila lebih dari 70px sudah tidak lagi berfungsi dengan baik.

Untungnya ada Stop ID (yang kami lingkari pada gambar). Di sini kamu bisa mencari kode dalam theme yang di gunakan kemudian menempatkannya pada pada kolom stop id.

Biasanya kodenya adalah div id= dan yang di ambil sebagai batas adalah yang ada pada tanda kutip. Kolom ini bermakna bawah gulir widget akan berhenti pada bagian theme (div id) tersebut.

Jika ingin menggunakan plugin ini bisa kamu download di laman wordpress secara gratis atau dengan mengunjungi link berikut : Q2W3 Fixed Widget

Jangan lupa bergabung untuk meramaikan Forum Theme WP. Daftar sekarang juga !!

Tinggalkan Balasan